Call us : (0251) 8413564 / 08118811930
Mail us : bdm@iskol-agridaya.com

Program Inisiasi ISKOL: Climate Friendly Farming

Perubahan iklim (climate change) menjadi tantangan dan acaman bagi lingkungan dan kehidupan kita dewasa ini. Khusus dibidang pertanian, perubahan iklim dapat dilihat dari dua sisi yang berbeda. Di satu sisi, sektor pertanian terkena langsung dampak dari perubahan iklim, namun di sisi lain, pertanian justru ikut memberi kontribusi terjadinya perubahan iklim.

Climate Friendly Farming (CFF) merupakan penerapan dan standar pertanian terkait kegiatan pertanian dan perkebunan yang memperhatikan upaya mitigasi pengurangan emisi karbon dan perubahan iklim. Penerapan upaya mitigasi tersebut tidak hanya terkait perubahan iklim namun bertujuan untuk mengurangi biaya produksi, meningkatkan produktifitas hasil panen, serta meningkatkan nilai produk.

Selain ikut memberi kontribusi bagi pengurangan laju pemanasan global, program CFF membantu meningkatkan keanekaragaman hayati sehingga diharapkan akan membentuk ekosistem yang berkelanjutan. Dalam CFF penggunaan input luar seperti pupuk kimia, pestisida, herbisida digunakan secara bijak. Dimulai dari mengurangi penggunaannya secara bertahap kemudian digantikan dengan bahan organik yang terdapat di kebun. Selain itu, CFF dapat menjaga kelestarian sumber-sumber air, baik sumber air permukaan maupun sumber air bawah tanah. Dari sisi konsumen, pertanian CFF akan menghasilkan produk yang lebih sehat dikonsumsi dibandingkan pertanian konvensional.

Iskol Agridaya Internasional menginisiasi program Climate Friendly Farming diterapkan di kelompok tani. Pilot project kami di mulai dari Kelompok Tani kopi yang berada Kabupaten Malang. Kegiatan yang telah berlangsung antara lain survei lahan, asistensi secara online kelompok tani terkait penerapan kriteria CFF serta pendampingan sistem kelembagaan dalam menerapkan program CFF ini. Ke depan produk kelompok tani yang kami asistensi akan diverifikasi oleh lembaga sertifikasi yang terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai Produk Climate Friendly Farming. Verifikasi ini diharapkan menjadi penyemangat bagi petani untuk melakukan kegiatan pertanian yang ramah iklim secara konsisten.  Pengakuan dari verifikasi  CFF dapat menjembatani antar produsen dan konsumen sehingga konsumen dapat turut berkontribusi dalam mengurangi efek perubahan iklim