Call us : (0251) 8413564 / 08118811930
Mail us : bdm@iskol-agridaya.com

PENYERAHAN SERTIFIKAT PERDANA PERTANIAN RAMAH IKLIM

KELOMPOK TANI SUMBER MAKMUR, DESA TAMBAKASRI, SUMBERMANJING WETAN, KAB. MALANG

Perubahan iklim (climate change) menjadi tantangan dan acaman bagi lingkungan dan kehidupan kita dewasa ini. Khusus dibidang pertanian, perubahan iklim dapat dilihat dari dua sisi yang berbeda. Di satu sisi, sektor pertanian terkena langsung dampak dari perubahan iklim, namun di sisi lain, pertanian justru ikut memberi kontribusi terjadinya perubahan iklim. Untuk itu, Iskol Agridaya Internasional menginisiasi program penjaminan produk ramah iklim dalam bentuk Sertifikasi Pertanian Ramah Iklim (Climate Friendly Farming).

Pertanian Ramah Iklim (CFF) merupakan penerapan dan standar pertanian terkait kegiatan pertanian dan perkebunan yang memperhatikan upaya mitigasi pengurangan emisi karbon dan perubahan iklim. Penerapan upaya mitigasi tersebut tidak hanya terkait perubahan iklim namun bertujuan untuk mengurangi biaya produksi, meningkatkan produktifitas hasil panen, serta meningkatkan nilai produk.

Manfaat sertifikasi ramah iklim antara lain memberi jaminan produk ramah iklim (certified),  Memberikan jaminan produk yang dihasilkan dari pertanian yang memperhatikan emisi GRK dan stok karbon dengan menerapkan mitigasi dan adaptasi perubahan iklim memberikan nilai tambah pada produk dan mendorong meraih akses pasar yang lebih luas dengan harga yang lebih tinggi.

Sepuluh orang petani Kopi Robusta dari Kelompok Tani Sumber Makmur mendapatkan sertifikat pertanian ramah iklim (Climate Friendly Farming) dari salah satu lembaga sertifikasi PT. Icert Agritama Internasional. Kegiatan penyerahan sertifikat secara simbolis diberikan kepada kelompok Tani Sumber Makmur  ini diaksanakan di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada hari Senin, 13 Desember 2021.

Dari kiri ke kanan: Pak Antonius Sulistyo (Direktur Iskol), Pak Ardi Praptono, S.P. M.Agr (Direktur Perlindungan Perkebunan), Pak Moch Rosyid (Ketua KT Sumber Makmur), Pak Ir. Moch Rony (Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan), dan Pak Wahyu Irianto, S.P. (Kepala Bidang Proteksi BBPPTP Surabaya

Launching Sertifikat Pertanian Ramah Iklim dihadiri oleh Direktur Perlindungan Perkebunan Bapak Ardi Praptono, S.P., M.Agr., Direktur Iskol Agridaya Internasional Bapak Antonius Sulistyo,  Pak Ir. Moch Rony (Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan), dan Pak Wahyu Irianto, S.P. (Kepala Bidang Proteksi BBPPTP Surabaya)

Sertifikasi Pertanian Ramah Iklim diharapkan menjadi penyemangat bagi petani untuk melakukan kegiatan pertanian yang ramah iklim secara konsisten.  Sertifikasi ini pun dapat menjembatani konsumen yang ingin berkontribusi dalam mengurangi efek perubahan iklim.