Call us : (0251) 8413564 / 085817848203
Mail us : bdm@iskol-agridaya.com

Pelatihan Sistem Manajemen Internal Program Sertifikasi Organik

Gambar 1. Peserta Pelatihan Fasilitator Pertanian Organik di Sleman - Yogyakarta

14 – 16 November 2022, ISKOL bekerjasama dengan Sekolah Vokasi IPB dan Kedai Reka, Yayasan Sekar Arum – Pemerintah Kabupaten Sleman mengadakan Pelatihan Fasilitator Pertanian Organik dan Uji Kompetensi.

Pertanian organik saat ini sedang berkembang di Indonesia, sehingga perlu Tenaga profesional atau fasilitator di bidang pertanian organik yang memiliki sertifikasi atau berlisensi BNSP dengan memperhatikan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di bidang Pertanian.

Sertifikasi Kompetensi dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas Tenaga Profesional atau Fasilitator di bidang pertanian organik. Selain itu, tujuan dari sertifikasi kompetensi juga memastikan dan memelihara kompetensi Fasilitator Pertanian Organik Tanaman agar mampu menjalankan tugas dengan professional dan kompeten.

Fasilitator Pertanian Organik diharapkan menjadi perantara langsung dengan kelompok tani atau entitas lain yang akan di sertifikasi organik. Materi kegiatan pelatihan Fasilitator pertanian organik meliputi :

  1. Regulasi pertanian organik
  2. Fungsi dan Peran fasilitator pertanian organik
  3. Penyusunan Kelembagaan dan dokumentasi organik (ICS)
  4. Standar Organik SNI 6729:2016 Pada proses budidaya hingga pasca Panen
  5. Menerapkan Keselamatan Kerja dan Kesehatan (K3) di lingkungan kerja
WhatsApp Image 2022-12-13 at 11.40.01
Gambar 2. Kegiatan Pelatihan Fasilitator Pertanian Organik

Peserta pelatihan juga melakukan praktek pembuatan pestisida nabati dan pupuk organik. Peserta dilatih mempraktekan pembuatan pestisida nabati dari bahan alami seperti daun papaya, teprosia, dan daun kembang sepatu sebagai perekatnya. Tidak lupa aplikasi pestisida nabati juga memperhatikan K3 dengan menggunakan alat pelindung diri. Selain itu, peserta dilatih membuat pupuk kandang dari bahan-bahan organik sesuai dengan standar.

WhatsApp Image 2022-12-13 at 11.39.57
Gambar 3. Praktek Pembuatan Pupuk organik dan Pembuatan Pestisida Nabati
WhatsApp Image 2022-12-13 at 11.39.57 (1)
Gambar 4. Praktek Simulasi Aplikasi Pestisida Nabati dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)

Setelah kegiatan pelatihan dilakukan, peserta pelatihan mengikuti Uji Kompetensi yang di lakukan oleh LSP Pertanian Nasional. Praktik yang diujikan terkait dengan teknis penyiapan standar budidaya pertanian organik, pembuatan pestisida nabati dan pupuk organik dan kegiatan fasilitasi. semua peserta dinyatakan lulus dan kompeten.